EHR System

Apa Itu “Financial Well-Being”?

Kebutuhan hidup tiap orang akan bertambah seiring bertambahnya usia, ini membuat beban finansial seseorang menjadi kian menantang. Karena hal itu, tidak heran jika semua orang berusaha mati-matian mencapai kondisi financial well-being

Nah apa sih Financial well-being itu? Financial well-being atau kesejahteraan finansial merupakan keadaan dimana seseorang telah mampu memenuhi kewajiban keuangan saat ini maupun di masa yang akan datang, memiliki persiapan untuk pemenuhan kebutuhan keuangan di masa depan, dan mampu menentukan pilihan yang dapat dinikmati dalam hidupnya. 

Untuk mencapai financial well-being sebelum menjadi lansia, perencanaan keuangan harus dimulai sedini mungkin. Sebelum itu, untuk mencapai kondisi kesejahteraan finansial tentunya kita harus mengenali beberapa konsep penting mengenai financial well-being terlebih dahulu. 

Ketahui seberapa sehat atau sakit keuanganmu

Rata rata orang tidak menyadari bahwa permasalahan keuangan sering kali muncul bukan karena tidak punya uang, tapi karena buruknya pengelolaan keuangan.

Untuk mengetahui seberapa sehat atau sakit keuanganmu, terapkan cara berikut: 

  • Catat dan buat rata-rata dari seluruh pengeluaranmu 
  • Catat seluruh aset berharga yang kamu punya 
  • Catat seluruh hutang dan kewajiban yang ditanggung 
  • Hitung seluruh pendapatan dari berbagai sumber 
  • Tentukan hasilnya dalam tiga kategori, yaitu: 
  1. Kamu termasuk kedalam kategori finansial yang sangat sakit apabila pengeluaran lebih besar dari pendapatan, ini perlu diperbaiki sedini mungkin.
  1. Berhati-hatilah jika pengeluaran sama dengan pendapatan, sebab hal ini dapat menjadi masalah di masa depan. 
  1. Pengeluaran yang lebih kecil daripada pendapatan merupakan hal yang baik, tetapi selisihnya juga harus diperhatikan. 

Langkah mencapai financial freedom

Untuk mencapai kondisi financial well-being, seseorang harus sudah mencapai financial freedom terlebih dahulu sebelumnya. Financial freedom atau kebebasan finansial adalah keadaan ketika seseorang telah mencapai kemapanan dalam kondisi keuangannya. Berikut adalah langkah langkah untuk mencapai financial freedom. 

  1. Perkirakan usia pensiun sejak dini, dan biaya yang akan dibutuhkan dengan mempertimbangkan inflasi. 
  1. Bagi jumlah uang tersebut dengan masa produktif kamu hingga usia pensiun ditambah dengan hitungan bunga investasi. 
  1. Akumulasikan uang tersebut dalam investasi agar jumlah tabungan proporsional dengan pendapatan. 
  1. Gunakan tabel excel untuk mempermudah perhitungan.  

Passive income 

Passive income adalah pendapatan seseorang yang diperoleh tanpa harus terlibat aktif untuk mendapatkannya.  Passive income dapat menjadi penghasilan tambahan di luar pekerjaan asli seseorang. Beberapa contoh passive income, di antaranya yaitu program afiliasi marketing, sewa properti, dan investasi. Meski terlihat mudah, diperlukan persiapan yang matang untuk mencapai passive income.

Financial well-being adalah kunci untuk hidup yang sejahtera secara finansial. Yang terpenting bukanlah bekerja mati-matian untuk mencapainya, namun merencanakan pensiun sedini mungkin karena semakin cepat seseorang merencanakan pensiun, semakin cepat pula keadaan finansialnya akan aman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EHR

Akarindo

Halo, Selamat datang di situs kami. Apa yang bisa kami bantu?

Powered by WpChatPlugins
Scroll to Top